ASEANpreneurs Youth Leaders Exchange 2014 – Day 0 (Part 1)

Hello netizens!

Sudah lama sekali rasanya tidak memproduksi tulisan di blog ini. Hari ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya mengikuti ASEANpreneurs Youth Leaders Exchange 2014 di National University of Singapore pada tanggal 24 – 30 Januari 2014 kemarin. Semoga apa yang saya bagikan disini bisa bermanfaat bagi para pembaca 😀

Pendaftaran Program

Awal mula saya mengetahui acara ini adalah sekitar dua tahun lalu dari blog seorang kakak kelas (yang belum saya kenal waktu itu). Saya sudah memantapkan hati ingin mengikuti acara ini sejak dua tahun lalu, namun apadaya sepertinya minat untuk berkecimpung di dunia enterpreneurship belum sebesar sekarang, sehingga saya melewatkan acara ini pada tahun 2013. Lalu sekitar bulan September 2013, saya mendapatkan informasi dari blog yang sama dan Page ASEANpreneurs bahwa telah dibuka pendaftaran untuk menjadi ASEANpreneurs Ambassador. Saat itu, sepertinya admin page ASEANpreneurs salah melampirkan file di page tersebut. File yang seharusnya berisi syarat pendaftaran ASEANpreneurs Ambassador, menjadi pemberitahuan untuk para former ambassador untuk merekomendasikan dua orang untuk menjadi ASEANpreneurs Ambassador di tahun 2014. Langsung saat itu juga, saya menghubungi William Lautama untuk meminta rekomendasi. Tak disangka ternyata, sebelum saya menghubungi dia, dia sudah berencana untuk merekomendasikan saya untuk menjadi ASEANpreneurs Ambassador. Hal ini sepertinya karena kita sudah pernah kerja bareng di Colosseum HMIF ITB pada Oktober 2012 lalu. Setelah mengirimkan berkas-berkas yang diperlukan, pada bulan Oktober saya di-interview oleh pihak ASEANpreneurs. Singkat cerita, pada bulan November saya dikabarkan lolos menjadi ASEANpreneurs Ambassador dan secara otomatis menjadi salah satu delegasi Indonesia di acara ASEANpreneurs Youth Leaders Exchange 2014 (AYLE 2014).

Keberangkatan

Pada tanggal 23 Januari 2014, pk 23.00, saya dan delegasi lainnya, Amelia (ITB) berangkat dari Bandung menggunakan travel X-Trans. Hal ini dikarenakan flight yang saya gunakan akan berangkat sekitar jam 5 pagi. Travel tiba di bandara Soekarno-Hatta International Airport, Jakarta pada pk 02.30. Ibukota saat itu sedang dirundung masalah banjir dan hujan yang tidak kunjung berhenti. Nahasnya, saya tidak bisa langsung masuk ke bandara pada saat itu, karena belum ada petugas. Saya hanya boleh masuk sekitar jam 4 pagi. Hawa Jakarta pada saat itu super dingin! Dan ternyata di luar Terminal 3 banyak orang-orang yang senasib dengan saya.

20140124_020158

Subuh di Terminal III CGK

Setelah check-in, saya bertemu dengan dua delegasi Indonesia lainnya, yaitu Alvin (Binus) dan Michael (Trisakti). Ternyata mereka berdua sudah saling kenal, karena sama-sama mengikuti XL Future Leaders. Selain itu Alvin adalah sepupu dari William. Dunia ini memang sempit haha. Singkat cerita pesawat kami terbang dan tiba di Changi Airport sekitar pk 09.00. Kami bertemu dengan panitia ASEANpreneurs dan beberapa delegasi dari Kamboja di meeting point (Starbucks Terminal I). Bus yang akan membawa kami ke NUS akan datang pk 11.00, sehingga kami masih ada waktu untuk mencari sarapan. Kalau di Singapura, sarapan kesukaan saya adalah telur rebus, roti, dan teh susu 😀 Akhirnya setelah berputar-putar di bandara, kami menemukan tempat makan yang relatif terjangkau. Dan baru kali ini saya menyadari ada rain drop di bandara Changi yang begitu indah. 😀

Meeting Point

Sarapan ala Singapura

Sarapan ala Singaporean

Rain Drop

Setelah selesai menikmati sarapan, kami kembali ke meeting point, dan bertemu dengan beberapa delegasi lainnya dari Filipina, Thailand, dan Indonesia. Setelah bus datang, kami diangkut menuju Bunc Hostel di Little India. Saya, Alvin, dan Michael dapat satu kamar yang isinya ber-10 broh! Sesek luar biasa haha. Setelah mandi dan beres-beres, kami akan menuju NUS Hall untuk Opening Ceremony. Dari Bandung, saya membawa sebuah brownies kukus Amanda untuk dibagi-bagikan kepada para delegasi lainnya. Sebetulnya ini ide Alvin, sekalian dia nitip juga hehe. Ketika sedang menunggu bus, saya membagi-bagikan brownies tersebut, dan orang-orang jadi ingat saya. Bahkan ada orang Thailand memanggil saya brownies guy haha 😀 Btw saya bagi-bagi brownies kukus seperti sales professional karena pakai jas haha. 😀

Bunc Hostel

Bagi-bagi Brownies Kukus Amanda

Bersama delegasi Indonesia, Thailand, dan Filipina

Sekian dulu post bagian pertama untuk Day 0
Di post berikutnya saya akan bercerita mengenai Opening Ceremony Day 0 🙂
Stay tune 😀

Coming soon.. Part 2 Day 0

Coming soon.. Day 0 (Part 2)