Antara Mimpi dan Keamanan Informasi

https://i1.wp.com/mediadownload.adidas.tv/adidas_Global_Publishing/21/208/Messi-overnight-success_medium.jpg

Sudah lama saya ingin menulis kembali di blog ini. Sudah ada beberapa hal yang akan ditulis :), namun sayang waktu nya belum sempat. Tapi yang ini rasanya urgent banget, jadi langsung ditulis mumpung masih hangat 🙂

Ada beberapa kegiatan hari ini meskipun saya ngerem di rumah, yaitu facebookan, Wawancara (remote) asisten Laboratorium Basis Data dan nge-deadline makalah KI. (yang progressnya lama banget entah kenapa -__-) Nah ceritanya saya mengambil topik tentang Advanced Persistent Threat. Intinya itu jenis serangan yang targetnya benar-benar spesifik, biasanya sebuah organisasi dengan tujuan information exfiltration. Dan serangan yang dilakukan bukan semata-mata karena “kebetulan” menemukan celah keamanan, apalagi hanya pamer semata, tapi benar-benar untuk mencapai sebuah TUJUAN.

Kesannya kayak serius banget ya APT. Yap memang serius banget, karena target nya biasanya perusahaan besar atau pemerintah. Yang lagi ngetrend beberapa waktu terakhir adalah di China dan Hong Kong (berdasarkan paper yang saya baca sejauh ini).

Attacks with this degree
of focus represent both a higher degree of danger
and higher level of difficulty to defend against than
typical technical defenses, policies, and awareness
programs are scoped to handle.

Nilai moral yang saya dapat adalah :

Untuk mencapai tujuan yang BESAR diperlukan effort, dedikasi, beserta fokus yang BESAR juga.

Cerita kedua tentang Wawancara (remote) asisten Lab Basis Data adalah tentang keuntungan menjadi asisten. Salah satu nya tentu saja sharing knowledge. Saya masih ingat sharing knowledge pertama kali yang saya rasakan di Lab Basis Data disampaikan oleh Kak Fransiska IF08. Warga Labtek V sepertinya ga ada yang ga kenal sesepuh yang satu ini :D. Digambarin satu kalimat dia adalah : Top 5% student – UKP4 Internee – YLI – Singularity University – Startup Chille. Dan satu hal yang saya ingat dari beliau adalah untuk mencapai satu tahap yang lebih tinggi dari tahap sebelumnya, resepnya adalah KERJA KERAS. Selain itu pada sharing knowledge tersebut beliau membabarkan tentang trend Big Data yang ia pelajari di Singularity University. Dan saya yang mendengar sharing tersebut percaya bahwa Big Data akan menjadi trend di masa mendatang. Oleh karena itu sejak saat itu saya memilki tujuan / minat lebih mengenai hal-hal yang berbau Big Data. Karena minat itulah bisa dikatakan saya cukup antusias untuk membaca / berdiskusi tentang hal-hal yang terkait Big Data.

Kesuksesan adalah kesempatan bertemu dengan kesiapan.

Inti dari post yang sangat tidak terstruktur ini adalah :

Carilah mimpi (tujuan), jadikan itu doping semangat untuk menjalankan setiap kegiatan.

Materi yang diperlukan untuk melakukan konversi dari MIMPI menjadi KESUKSESAN adalah AKSI

Image

sumber foto :

1. http://mediadownload.adidas.tv/adidas_Global_Publishing/21/208/Messi-overnight-success_medium.jpg

2. cover facebook teman :))

Leave a Reply

