II 3062 – Keamanan Informasi

Kuliah pagi hari ini adalah kuliah yang paling saya nanti-natikan dalam semester ini. Dan sepertinya bukan hanya saya saja yang menanti-nantikan kuliah ini. Buktinya terdapat 161 mahasiswa yang mendaftar kuliah tsb. Dan tadi pagi, ruang kelas sampai tidak cukup menampung seluruh mahasiswa. Saya pribadi sangat antusias mengikuti kuliah ini, bukan hanya karena materinya, melainkan karena dosennya adalah orang yang sangat inspiratif menurut saya. Beliau adalah Pak Budi Rahardjo. “Bermain” di bidang IT, entrepreneur, dan Rock’n Roll Band, menjadikan beliau (menurut saya) orang yang cerah dan energik di usianya! 😀 .Mungkin hal ini juga yang menyebabkan kuliah ini membludak peminatnya. 🙂

Pada kuliah pertama ini, beliau menyampaikan aturan main yang ada di dalam kuliah ini. Cukup menarik karena beliau tidak peduli dengan kehadiran, bahkan beliau (entah bergurau atau tidak) berpikir untuk melakukan absensi online, sehingga mahasiswa tidak perlu harus masuk setiap saat :D. Selain itu, beliau bercerita sedikit tentang dirinya. Namun hal yang paling menarik bagi saya adalah, ketika beliau bercerita tentang dirinya menggunakan slide PowerPoint. Pada halaman depan terdapat nama beliau beserta tulisan

versi 3.3

Beliau lalu bercerita tentang perubahan kehidupannya yang bersifat major (1.0 – 3.0). Secara singkat terurai seperti ini:

versi 1.0 : ketika beliau memandang wargakenegaraan adalah hal yang terpenting di dalam hidup ini. Bahkan beliau sempat terpikir untuk berpindah wargakenegaraan ketika melanjutkan studi di Canada.

versi 2.0 : kewarganegaraan bukanlah hal yang terpenting lagi. Terinspirasi dari buku “the world is flat”, yang dikejar beliau pada masa ini adalah pekerjaan di multi-national company. Asalkan bertitel IBM apapun warganegaranya, mungkin sudah sangat oke 😀

versi 3.0 : ketika titel perusahaan multi-national company bagi beliau sudah tidak penting lagi. Yang penting adalah dirinya. Dia adalah dia. Yang terpenting adalah bagaimana beliau bisa memberikan kontribusi kepada humanisme.

Dan bagi saya sendiri, saya pernah melewati ketiga versi tersebut. Ketika saya merajut mimpi akan masa depan, sempat terpikir untuk mencari green card, sempat juga terpikir untuk berkarir di perusahaan multi-national, dan menurut Pak Budi, hampir 80% mahasiswa sekarang berada di bagian versi 2.0 tsb. Begitu juga dengan saya. Bisa dikatakan saya sedang berada di versi 2.8 atau 2.9. Dimana saya sedang dalam proses merombak mimpi yang sedang dirajut. Merombak mimpi untuk membuat saya lebih menjadi ‘saya’ seutuhnya di masa mendatang.

Tapi saya masih sangat berharap bisa kerja praktek di perusahaan multi-nasional loh 🙂

Fly with eagle and be one of them..

One comment

Leave a Reply

